%L UNY57080 %I PGSD %D 2018 %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran menulis karangan deskripsi dan meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui metode field trip pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Walitelon Selatan Kabupaten Temanggung pada tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Walitelon Selatan Kabupaten Temanggung dengan jumlah siswa 10. Objek penelitian adalah keterampilan menulis karangan deskripsi. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Robin Mc.Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode field trip dapat meningkatkan proeses pembelajaran dan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD Negeri 1 Walitelon Selatan Kabupaten Temanggung. Metode field trip dilaksanakandengan mengunjungi halaman sekolah, perpustakaan, kantin, dan mushola, kemudian siswa menulis karangan deskripsi berdasarkan objek yang diamati. Siswa antusias mengikuti pembelajaran dengan metode field trip dan hasil karangan deskripsi siswa disetiap siklusnya meningkat. Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siklus I sebesar 6 dari kondisi awal nilai rerata 67,5 menjadi 73,5. Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siklus II sebesar 4,7, dari siklus I nilai rerata 73,5 menjadi 78,2. Nilai rerata meningkat sebesar 10,7 pada kondisi awal 67,5 meningkat menjadi 78,2. Sebesar 80% siswa mendapat nilai ≥75. Kata kunci: keterampilan menulis, karangan deskripsi, metode field trip %A Dewi Riandini %T UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI METODE FIELD TRIPPADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 WALITELON SELATAN KABUPATEN TEMANGGUNG