@phdthesis{UNY57078, year = {2018}, school = {PGSD}, title = {UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI ANAK MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TEKNIK PEMODELAN TEMAN SEBAYA SISWA KELAS I SD NEGERI KOTAGEDE 5 YOGYAKARTA}, author = {Eufrasia Findrianasari Indriamukti}, month = {May}, url = {http://eprints.uny.ac.id/57078/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran membaca puisi dan kemampuan membaca puisi anak pada siswa kelas I SD Negeri Kotagede 5 melalui teknik pemodelan teman sebaya. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis \& Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Kotagede 5, Yogyakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SD Negeri Kotagede 5 yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes unjuk kerja. Instrumen penelitian adalah lembar penilaian kemampuan membaca puisi anak, lembar observasi, dan lembar catatan lapangan. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil observasi, proses pembelajaran mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya capaian aktivitas guru dan siswa. Capaian aktivitas guru pada siklus I sebesar 70 meningkat menjadi 84 di siklus II. Sedangkan capaian aktivitas siswa pada siklus I sebesar 75,7 meningkat menjadi 86,8 di siklus II. Berdasarkan tes unjuk kerja pada siklus I setelah menggunakan teknik pemodelan teman sebaya, nilai keampuan membaca puisi meningkat dari 68,6 menjadi 70 dengan ketuntasan belajar juga meningkat dari 21,4\% menjadi 57,1\%. Pada siklus II, dengan adanya perbaikan pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata 80,4 dengan ketuntasan belajar 81,5\%. Kata kunci: teknik pemodelan teman sebaya, kemampuan membaca puisi.} }