TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/57017/ TI - PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY SISWA KELAS IV SD N GADINGAN WATES AV - restricted M1 - skripsi ID - UNY57017 PB - PGSD A1 - Lestari, Dwi Putri N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran membaca pemahaman dan meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui strategi Directed Reading Thinking Activity pada siswa kelas IV SD N Gadingan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Gadingan yang berjumlah 29 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan McTaggart.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripstif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD N Gadingan. Peningkatan proses ditunjukkan dengan siswa yang menjadi lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran dan aktif dalam berdiskusi mengenai isi teks bacaan.Siswa berani mengajukan diri untuk menyampaikan prediksinya dan membuktikan prediksinya. Siswa juga lebih fokus dan bersungguh-sungguh dalam membaca.Hal lain yang menunjukkan peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa adalah adanya peningkatan nilai rata-rata kelas. Pada tes pratindakan nilai rata-rata keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV adalah 61,58, kemudian pada siklus I meningkat sebesar 7,48 menjadi 69,06, dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 9,76 menjadi 78,82. Nilai rata-rata kelas pada siklus II jika dibandingkan dengan pratindakan meningkat sebesar 17,24, yang sebelumnya 61,58 menjadi 78,82. Kata kunci:keterampilan membaca pemahaman, directed reading thinking activity Y1 - 2018/05/16/ ER -