TY - THES AV - restricted TI - PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BIMBINGAN DAN KONSELING TENTANG PENGELOLAAN MARAH BAGI SISWA KELAS VIII SMP N 2 MLATI M1 - skripsi ID - UNY57009 UR - http://eprints.uny.ac.id/57009/ Y1 - 2018/05/15/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan dari media komik Bimbingan dan Konseling tentang pengelolaan marah untuk siswa kelas VIII SMP N 2 Mlati yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg&Gall. Tahapan pengembangan komik dalam penelitian ini meliputi penelitian awal dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji validasi ahli, revisi produk awal, uji coba terbatas, revisi uji coba terbatas, uji coba lapangan, dan revisi produk akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Mlati. Penentuan subyek dilakukan dengan teknik random sampling untuk 10 siswa pada uji coba terbatas. Uji coba lapangan dilakukan pada 60 siswa kelas VIII SMP N 2. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komik mendapat penilaian dari ahli media ?layak? dengan persentase 76,9%, ahli materi ?sangat layak? dengan persentase 94,2%, ahli praktisi ?sangat layak? dengan persentase 96,1%, dan siswa ?layak? dengan persentase 79,6%. Pada hasil uji coba lapangan didapatkan gain score 0,05 pada kelompok kontrol dan gain score 0,37 pada kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil gain score pada kelompok eksperimen maka dapat dikatakan bahwa media komik ?efektif? untuk digunakan sebagai salah satu media layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan marah. Kata kunci : pengembangan, media komik, pengelolaan marah A1 - Dwi Rahayu Ningsih, Dwi PB - Fakultas Ilmu Pendidikan ER -