@techreport{UNY56909, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, author = {Miftah Nur Rohmah Miftah Nur Rohmah}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, type = {Project Report}, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA}, year = {2017}, journal = {Laporan PPL}, abstract = {Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat serta membina tenaga kependidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa program studi pendidikan pada salah satu mata kuliah yaitu Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta secara terbimbing dilaksanakan mulai dari tanggal 15 September hingga 15 November 2017 di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang beralamatkan di Jl. Nitikan No.48, Sorosutan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan dari Praktik Lapngan Terbimbing (PLT) adalah untuk mendapatkan pengalaman pengajaran pada kondisi di lapangan yang sesungguhnya. Sehingga mahasiswa memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar dan kelak menjadi bekal untuk mahasiswa dalam dunia kerja, khususnya menjadi tenaga pendidik di masa mendatang. Sebelum kegiatan pembelajaran perlu dilakukan beberapa persiapan diantaranya penyusunan RPP, menentukan metode dan media pembelajaran. Mata pelajaran yang diampu yaitu Akuntansi Biaya untuk kelas XI Akuntansi 1, Spreadsheet dan Akuntansi Dasar untuk kelas X G. Progam-program yang telah terlaksana tersebut, merupakan indikasi keberhasilan semua pihak yang terkait. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini dijadikan proses pembelajaran bagi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik akuntansi dan dapat meningkatkan serta mengembangkan diri. Semoga dengan adanya kegiatan PLT ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjadikan diri sebagai guru atau pendidik yang profesional yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan dan ketrampilan yang memadai sesuai dengan bidangnya masingmasing. Keberhasilan pelaksanaan PLT ini, hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, sehingga PLT dimasa mendatang akan lebih baik dan lebih bermanfaat bagi pengembangan sekolah, siswa dan mahasiswa praktikan.}, keywords = {UNY, PLT, SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta}, url = {http://eprints.uny.ac.id/56909/} }