relation: http://eprints.uny.ac.id/56904/
title: LAPORAN INDIVIDU  PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)  SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA
creator: AHMAD NUR YAZID, AHMAD NUR YAZID
subject: LPPMP
description: Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan perguruan tinggi negeri   yang berbasis untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian kepada  masyarakat serta membina tenaga kependidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut,  maka UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa program  studi pendidikan pada salah satu mata kuliah yaitu Praktik Lapangan Terbimbing  (PLT). Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta  secara terbimbing dilaksanakan mulai dari tanggal 15 September 2017 hingga 16  November 2017 yang berlokasi di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang  beralamatkan di Jl. Nitikan No.48, Sorosutan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah  Istimewa Yogyakarta, yang bertujuan untuk mendapatkan pengalaman mengajar yang  dilakukan secara terbimbing pada kondisi di lapangan yang sesungguhnya. Sehingga  mahasiswa dapat memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar dan  kelak menjadi bekal untuk mahasiswa dalam dunia kerja, yaitu khususnya menjadi  tenaga pendidik di masa mendatang. Tidak hanya menjadi tenaga pendidik yang  dapat melakukan kegiatan pembelajaran saja namun menjadi tenaga pendidik yang  profesional dalam merancang sebuah kegiatan pembelajaran dan mendidik peserta  didik.   Dalam kegiatan Pembelajaran di dalam kelas perlu dilakukan persiapan  diantaranya penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), menentukan  metode, media pembelajaran dan instrumen pembelajaran. Mata pelajaran yang  diampu untuk kelas XI MM 1 adalah Bahasa Inggris Sesuai Bidang Keahlian, Bahasa  Inggris Dasar untuk kelas X-A, X-C, X-D.    Progam-program yang telah terlaksana tersebut, merupakan indikasi  keberhasilan semua pihak yang terkait. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini  dijadikan proses pembelajaran bagi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik  Bahasa Inggris dan dapat meningkatkan serta mengembangkan diri. Semoga dengan  adanya kegiatan PLT ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjadikan diri  sebagai guru atau pendidik yang profesional yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap,  kemampuan dan ketrampilan yang memadai sesuai dengan bidangnya masingmasing.  Tidak  hanya  itu  untuk  menjadi  pendidik    untuk mengembangan moral bangsa  dan karakakter peserta didik juga sangat diperlukan ide-ide dan metode baru dalam  mendidik, karena semakin kesini tiap angkatan peserta didik memiliki perbedaan  besar terutama dalam moral dan karakter.    Tentu, keberhasilan pelaksanaan PLT ini, hendaknya disikapi oleh pihak  Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan meningkatkan jalinan  komunikasi dan kerjasama dengan SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, sehingga  PLT dimasa mendatang akan lebih baik dan lebih bermanfaat bagi pengembangan  sekolah, siswa dan mahasiswa praktikan.
publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta
date: 2017
type: Monograph
type: PeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/56904/1/Laporan%20Individu_Ahmad%20Nur%20Yazid_14202241058.pdf
identifier:   AHMAD NUR YAZID, AHMAD NUR YAZID  (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA.  Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.