%0 Thesis %9 S1 %A Siti, Zulaichah %B Pendidikan Luar Biasa %D 2014 %F UNY:56889 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KANTONG BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS III %U http://eprints.uny.ac.id/56889/ %X Penelitian ini bertujuan untuk untuk menguji efektivitas media kantong bilangan dalam meningkatkan prestasi belajar matematika tentang penjumlahan dengan menyimpan pada anak berkesulitan belajar matematika kelas III di SD N Gejayan Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah A- B. Subyek dalam penelitian ini adalah seorang anak berkesulitan belajar matematika kelas tiga yang dipilih dengan cara purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi serta dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan matematika tentang penjumlahan dengan menyimpan pada anak. Selama fase intervensi, anak mengalami peningkatan yang signifikan dalam kemampuan matematika tentang penjumlahan dengan menyimpan. Pada fase baseline anak memperoleh skor 0 pada ketiga sesi. Fase intervensi terdapat tujuh sesi dengan perolehan skor anak adalah 60, 90, 100, 100, 100, 100, 100. Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui bahwa pada fase baseline terjadi perubahan level sebesar 0%, sedangkan pada fase intervensi terjadi perubahan level sebesar 40%. Hal ini juga di didukung oleh tingkat tumpang tindih data yang rendah yaitu sebesar 0%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kantong bilangan efektif untuk meningkatkan pretasi belajar matematika tentang penjumlahan dengan menyimpan pada anak berkesulitan belajar matematika kelas III di SD N Gejayan