eprintid: 56886 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1188 dir: disk0/00/05/68/86 datestamp: 2018-05-03 08:53:59 lastmod: 2019-01-30 16:24:21 status_changed: 2018-05-03 08:53:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Arif, Kusuma Nugraha title: IMPLEMENTASI KEWIRAUSAHAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SEKOLAH LUAR BIASA WIYATA DHARMA 3 NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pend_luar_biasa divisions: fip_plb full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kewirausahaan, mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kewirausahaan, serta hasil dan dampak dari pelaksanaan kewirausahaan pada anak tunagrahita ringan di SLB Wiyata Dharma 3 Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan etnografi. Informan dalam penelitian adalah guru kewirausahaan yang mengimplementasikan kewirausahaan pada anak tunagrahita ringan dan kepala sekolah sebagai penanggungjawab program kegiatan. Penelitian dilakukan selama dua bulan. Medote pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan menggunakan metode triangulasi. Adapun analisis data dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kewirausahaan pada anak tunagrahita ringan terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Tujuan implementasi kewirausahaan pada siswa tunagrahita ringan adalah memberikan pengalaman kerja pada siswa agar dapat terampil dan jika sudah lulus sekolah dapat bekerja dan mandiri. Pada tahap perencanaan meliputi : 1). program kegiatan berupa tataboga, menjahit dan pertukangan, 2). Perencanaan jadwal kegiatan, 3). penggunaan sarana prasarana. Tahap pelaksanaan, 1). praktek langsung sesuai materi kegiatan yang direncanakan dengan metode demonstrasi, praktek, dan drill, 2). kemampuan yang dilatih pada anak tunagrahita ringan meliputi kemampuan kerja/ vokasional, akademik fungsional, bina diri, sosial dan pemecahan masalah, 3). Pendampingan dan bimbingan dari guru. 4). Pemasaran produk hasil karya siswa. Tahap evaluasi dilakukan berdasarkan proses dan hasil kerja siswa pada saat praktek kewirausahaan (by product). Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kewirausahaan meliputi Pembinaan, faktor guru, orangtua, serta sarana prasarana. Hasil dari implementasi kewirausahaan berupa meningkatnya kemampuan siswa tunagrahita ringan pada bidang kewirausahaan yang ditekuni, siswa dapat mandiri, dan memiliki kemampuan berwirausaha. Dampak bagi siswa, dapat menghasilkan produk hasil karyanya sendiri yang memiliki nilai jual dan dapat menjadikan kewirausahaan sebagai bekal modal hidup dimasyarakat. date: 2014-04-15 date_type: published institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Pendidikan Luar Biasa thesis_type: skripsi citation: Arif, Kusuma Nugraha (2014) IMPLEMENTASI KEWIRAUSAHAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SEKOLAH LUAR BIASA WIYATA DHARMA 3 NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/56886/1/10103241003_ARIF%20KUSUMA%20NUGRAHA.pdf