%0 Thesis
%9 S1
%A Taufik, Budi Laksono
%B Pendidikan Luar Biasa
%D 2014
%F UNY:56880
%I Universitas Negeri Yogyakarta
%T KEEFEKTIFAN MEDIA GRAFIS FLOWCHART TERHADAP PENINGKATAN  KEMAMPUAN BINA DIRI BUANG AIR BESAR ANAK AUTIS DI SEKOLAH  AUTIS CITRA MULIA MANDIRI SELOMARTANI YOGYAKARTA
%U http://eprints.uny.ac.id/56880/
%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media grafis flowchart guna  meningkatkan kemampuan bina diri buang air besar siswa autis kelas dasar II di  Sekolah Autis Hiperaktif Citra Mulia Mandiri Selomartani Yogyakarta.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan  Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah A-B-A’. Subyek  penelitian seorang siswa Autis Kelas II. Pengumpulan data dilakukan dengan tes  unjuk kerja, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui  statisik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Komponen-komponen yang  dianalisis meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.  Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan  melakukan rangkaian bina diri buang air besar secara mandiri pada subyek. skor trial  munculnya target behavior subjek pada kondisi baseline (A-1) terdapat tiga sesi  dengan frekuensi 47, 47, 47. Fase intervensi (B) terdapat lima sesi dengan skor trial  80, 85, 90, 93, 95. Hasil pada baseline-2 (A-2) terdapat tiga sesi dengan skor trial 80,  80, 83. Berdasarkan data yang diperoleh, pengaruh penerapan media flowchart pada  subyek berpengaruh positif yang ditunjukkan dengan perubahan level sebesar 0%  pada fase baseline-1, 15% pada intervensi, dan 3% pada sesi baseline-2. Pengaruh  positif penerapan media flowchart didukung oleh tingkat prosentase overlap yang  rendah yaitu berada pada level 0%. Hasil keseluruhan penerapan media grafis  flowchart mempunyai pengaruh positif untuk meningkatkan kemampuan bina diri  buang air besar siswa autis di Sekolah Autis Hiperaktif Citra Mulia Mandiri  Selomartani Yogyakarta