@phdthesis{UNY56877, year = {2014}, month = {March}, author = {Ari Suryani Defi}, title = {PEMBELAJARAN MEMBACA GAMBAR DENGAN METODE SKEMA PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III SEKOLAH LUAR BIASA BHAKTI KENCANA II}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, abstract = {Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan anak tunagrahita ringan dalam proses membaca gambar dengan metode skema. Mengetahui penerapan pelaksanaan pembelajaran membaca anak tunagrahita ringan melalui gambar dengan metode skema. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah empat orang siswa tunagrahita riangan. Penelitian dilakukan selama satu bulan. Medote pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan menggunakan metode triangulasi. Adapun analisis data dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan keempat subjek dalam membaca gambar dengan metode skema subjek MA, YW dan PA cukup Baik, sedangkan Subjek EP baik, hal ini ditunjukkan subjek dalam menganalisis tugas mampu melakukan tahapan membaca gambar dengan metode skema meskipun sedikit mendapatkan bantuan. Masing-masing subjek memiliki kesulitan berbeda, dikarenakan karakteristik, kondisi dan kemampuan motorik subjek yang berbeda. Kesulitan subjek pada tahap menulis kembali bagian-bagian gambar dan menceritakan bagian-bagian gambar sesuai skema yang dibuat, yang dipengaruhi adanya faktor gangguan komunikasi, mudah bosan, cepat merasa lelah dan kelainan penyerta lainnya. Pelaksanaan pembelajaran membaca gambar dengan metode skema di SLB Bhakti Kencana II telah dilaksanakan sesuai dengan tahaptahap yang harus dicapai yaitu tahap persiapan, inti atau pelaksanaan dan penutup. Siswa cukup mampu melakukan tahapan membaca gambar. Pelaksanaan pembelajarannya dilaksanakan sesuai dengan tahapan perencanaan yang telah disusun. Pelaksanaan menggunakan metode ceramah, dan metode tanya jawab. Evaluasi yang dilakukan dengan metode evaluasi formatif dan analisis tugas. Hasil evaluasi membaca gambar dengan metode skema pada subjek Tunagrahita Ringan di SLB Bhakti Kencana II, keempat subjek memiliki kemampuan yang berbeda dalam menuliskan dan menskemakan gambar. Adanya perbedaan kemampuan tersebut dikarenakan subjek mempunyai kemampuan motorik yang berbeda.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/56877/} }