eprintid: 56834
rev_number: 39
eprint_status: archive
userid: 9
dir: disk0/00/05/68/34
datestamp: 2023-09-20 02:01:17
lastmod: 2023-09-20 02:01:17
status_changed: 2023-09-20 02:01:17
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Wulandari, Lilis
creators_name: Fauzan, Muhammad
title: EFEKTIVITAS PENERAPAN ALGORITMA CHEAPEST INSERTION
HEURISTIC DAN ALGORITMA GENETIKA UNTUK MENCARI RUTE
TERPENDEK DISTRIBUSI LPG 12 KG PADA SUB AGEN PT. MIJIL
LESTARI
ispublished: pub
subjects: F4
divisions: fmipa_jurdik_math_math
full_text_status: restricted
abstract: Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) merupakan suatu permasalahan
yang berkaitan dengan penentuan rute yang optimal dengan memperhatikan kendala
setiap kendaraan memiliki kapasitas tertentu. Masalah CVRP yang akan dibahas
adalah menentukan rute pendistribusian LPG agar diperoleh rute pendistribusian
terbaik atau meminimumkan total jarak tempuh kendaraan. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menyelesaikan masalah CVRP dengan Algoritma Cheapest Insertion
Heuristic dan Algoritma Genetika yang selanjutnya dilakukan analisis perbandingan
untuk melihat algoritma yang lebih baik dalam menentukan rute optimum
pendistribusian.
Proses Algoritma Cheapest Insertion Heuristic dimulai dengan mencari lokasi
yang akan dijadikan lokasi terakhir pendistribusian, kemudian mencari sisipan dari
setiap lokasi baru yang menjadi bagian rute sampai kapasitas kendaraan terpenuhi.
Sedangkan untuk menentukan rute terpendek menggunakan Algoritma Genetika
dimulai dengan membangkitkan populasi awal, kemudian dihitung nilai fitness setiap
individu. Individu pada populasi, diseleksi dengan menggunakan metode Roulette
Wheel selection dan dilakukan crossover dengan metode order cross over. Generasi
baru hasil crossover dikenai proses mutasi dengan metode swapping mutation. Proses
terakhir yaitu menyusun populasi baru dan mengulangi proses seleksi, crossover, dan
mutasi sampai dengan jumlah iterasi yang diinginkan.
Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan Algoritma Cheapest Insertion
Heuristic, diperoleh 5 rute dengan total jarak tempuh kendaraan 213,16 km. Hasil
yang diperoleh dari perhitungan menggunakan Algoritma Genetika diperoleh 6 rute
dengan total jarak tempuh kendaraan 155,42 km. Dengan demikian dapat dikatakan
bahwa solusi yang dihasilkan Algoritma Genetika lebih baik dari segi jarak tempuh
dalam menyelesaikan Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP).
Kata Kunci : Algoritma Cheapest Insertion Heuristic, Algoritma Genetika, CVRP,
Pendistribusian LPG 12 kg.
date: 2018-04-11
date_type: published
institution: UNY
department: Jurusan Pendidikan Matematika
thesis_type: other
citation:   Wulandari, Lilis and Fauzan, Muhammad  (2018) EFEKTIVITAS PENERAPAN ALGORITMA CHEAPEST INSERTION HEURISTIC DAN ALGORITMA GENETIKA UNTUK MENCARI RUTE TERPENDEK DISTRIBUSI LPG 12 KG PADA SUB AGEN PT. MIJIL LESTARI.  S1/D4 thesis, UNY.   
document_url: http://eprints.uny.ac.id/56834/1/BAB%20I%20PENDAHULUAN.pdf
document_url: http://eprints.uny.ac.id/56834/7/BAB%20II%20KAJIAN%20PUSTAKA.pdf
document_url: http://eprints.uny.ac.id/56834/8/BAB%20III%20METODE%20PENELITIAN.pdf
document_url: http://eprints.uny.ac.id/56834/9/BAB%20V%20PENUTUP.pdf
document_url: http://eprints.uny.ac.id/56834/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
document_url: http://eprints.uny.ac.id/56834/11/LAMPIRAN.pdf