TY - THES ID - UNY56825 M1 - skripsi TI - PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD N MEJING II GAMPING SLEMAN AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/56825/ Y1 - 2018/04/27/ N2 - Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Mejing II Sleman Tahun Ajaran 2015/2016 dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Penelitian termasuk Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Mejing II Sleman Tahun Ajaran 2015/2016, yaitu terdiri dari 20 siswa yang tediri atas 9 putra dan 11 putri. Objek penelitian ini adalah motivasi belajar IPA. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik angket, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan deskripsi kualitatif untuk menggambarkan hasil observasi dan deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan persentase hasil angket siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Mejing II Sleman Tahun Ajaran 2015/2016 . Berdasarkan hasil angket siklus I diperoleh nilai rata-rata (Mean) = 72,5 pada kategori sedang pada interval 60,75 < ? 74,25. Dengan demikian motivasi belajar siswa pada siklus I tergolong sedang. Berdasarkan hasil angket siklus II diperoleh nilai rata-rata (Mean) = 89,15 pada kategori sangat tinggi pada interval 87,75 < ? 108,00. Dengan demikian motivasi belajar siswa pada siklus II tergolong sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siklus I dengan nilai rata-rata 72,5 meningkat menjadi 89,15 pada siklus II dengan persentase peningkatan sebesar 16,65%. Kata kunci: motivasi belajar, IPA A1 - Wibisono, Winahyu Drajat PB - PGSD ER -