%0 Thesis %9 S1 %A Putri, Puspa Ayu Karunia Wahono %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2018 %F UNY:56817 %I PGSD %T UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING SISWA KELAS IV SD NEGERI GEMBONGAN %U http://eprints.uny.ac.id/56817/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa melalui penerapan model inkuiri terbimbing di kelas IV SD Negeri Gembongan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang diarahkan pada pemecahan masalah pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif. Peneliti berkolaborasi dengan guru kelas. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Penelitian dilaksanakan pada Februari 2018 di SD Negeri Gembongan, Sukoreno, Sentolo, Kulon Progo semester dua tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah skala sikap percaya diri, lembar observasi siswa, lembar observasi guru, dan soal evaluasi siswa. Jenis analisis data yang digunakan adalah deskriptif secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan skala sikap percaya diri siswa mengalami peningkatan 9,14% yaitu sebesar 73,96% pada siklus I menjadi 83,10% pada siklus II. Selanjutnya persentase tuntas belajar juga mengalami peningkatan sebesar 26,92% yaitu sebesar 73,08% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa yang diisi dengan kegiatan diskusi, peran guru yang aktif bertanya, tanya jawab oleh siswa, pemberian penguatan oleh guru, dan meaningful learning. Kata kunci:Sikap Percaya Diri, Hasil Belajar, Model Inkuiri Terbimbing