%0 Thesis %9 S1 %A Kumalasari, Ika Dyah %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2018 %F UNY:56810 %I PGSD %T PENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BIG BOOK SISWA KELAS I DI SD NEGERI TEGALREJO 3 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/56810/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media big book. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan hasil kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media big book pada siswa kelas I di SD Negeri Tegalrejo 3 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Model dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Tegalrejo 3 Yogyakarta berjumlah 28 siswa. Teknik pegumpulan data pada penelitain ini menggunakan angket, tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik statistik deskriptif. Hasil kemampuan membaca permulaan dapat meningkat melalui proses membaca permulaan dengan langkah-langkah penggunaan media big book. Peningkatan Kemampuan membaca permulaan dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata dan persentase ketuntasan dari pratindakan, siklus I, hingga siklus II. Nilai rata-rata tes membaca permulaan pada pratindakan yaitu 54, meningkat menjadi 61 pada siklus I, dan menjadi 74 pada siklus II. Sedangkan presentase ketuntasan dari 39% siswa yang tuntas pada pratindakan, meningkat menjadi 64% pada siklus I, dann menjadi 86% pada siklus II. Peningkatan rata-rata nilai pada pratindakan ke siklus I meningkat 7, siklus I- siklus II meningkat 13, dan pratindakan-siklus II meningkat 20. Sedangkan peningkatan presentase ketuntasan yaitu pratindakan-siklus I meningkat 25%, siklus I-siklus II meningkat sebesar 22%, dan pratindakan-siklus II meningkat sebesar 47%. Kata kunci: kemampuan membaca permulaan, media big book.