TY - THES ID - UNY5681 N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan keterampilan menuliskarangan deskripsi siswa kelas III SD Negeri 3 Mandiraja Kulon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 3 Mandiraja Kulon yang berjumlah 38 siswa terdiri dari 18 perempuan dan 20 lakilaki. Model penelitian Tindakan Kemmis & Teggart. Metode pengumpulan data yaitu tes. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Pada siklus I pembelajaran menulis karangan deskripsi dilaksanakan dengan tugas individu membuat karangan deskripsi sesuai dengan pengalaman yang menarik bagi siswa. Pada siklus II pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan cara tugas kelompok siswa menggunakan permainan puzzle bergambar kegemaran dan siswa membuat karangan deskripsi berdasarkan gambar tersebut. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas III SD Negeri 3 Mandiraja Kulon. Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siklus I sebesar 4,89, kondisi awal 61,03 meningkat menjadi 65,92 dan pada siklus II meningkat sebesar 5,08, kondisi awal 65,92 meningkat menjadi 71. Kata kunci:Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi, Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Kelas III SD. A1 - Astuti, Annisa Mulia PB - Universitas Negeri Yogyakarta Y1 - 2012/08/31/ AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/5681/ M1 - skripsi TI - UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 MANDIRAJA KULON ER -