%T IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD N GIWANGAN BERBASIS ADIWIYATA %I PGSD %D 2018 %L UNY56801 %A Dwi Utami %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA di kelas V SD N Giwangan berbasis Adiwiyata. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V, siswa kelas V, dan kepala SD N Giwangan Yogyakarta. Objek dalam penelitian ini adalah kegiatan-kegiatan yang merupakan bentuk dari pelaksanaan pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA berbasis Adiwiyata. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah ada dianalisis menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA di kelas V SD N Giwangan sudah berbasis Program Adiwiyata. Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah mengaji silabus dan Buku Guru Kurikulum 2013, selanjutnya menyusun RPP yang menjabarkan langkah kegiatan saintifik. Guru sudah melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik berupa kegiatan mengamati, menanya, mencoba/ mengumpulkan informasi, dan menalar, dan mengkomunikasikan. Guru telah menggunakan penilaian autentik dalam menilai aspek afektif, kognitif, dan psikomotor siswa. Penggunaan media lingkungan disesuaikan dengan materi pembelajaran sehingga tidak semua pembelajaran dapat memanfaatkan media lingkungan pada Program Adiwiyata. Kata kunci: pembelajaran IPA, pendekatan saintifik, media lingkungan, Adiwiyata