TY - THES PB - Universitas Negeri Yogyakarta Y1 - 2012/08/31/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan dari pelaksanaan pembelajaran kearifan lokal membatik pada siswa kelas VI di SD Sribit kecamatan Bambang Lipuro kabupaten Bantul. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan diskriptif kualitatif dengan subyek jumlah siswa 24 orang, guru 3 orang, dan orang tua/wali murid 10 orang. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Instrumen pokok dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara sedangkan instrumen pendukungnya adalah observasi partisipan. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Sedangkan data yang terkumpul dikaji keabsahannya dengan menggunakan triangulasi sumber yaitu kepala sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: hambatan dari pelaksanaan pembelajaran membatik yang berasal dari dalam yaitu rasa takut siswa saat melakukan kegiatan membatik karena panasnya malam yang digunakan untuk membatik. Hambatan yang berasal dari luar yaitu masalah pendanaan, kurangnya tenaga pengajar untuk pembelajaran membatik, dan waktu yang sangat sedikit untuk mengajarkan membatik. Pihak sekolah mengambil dana BOS untuk membeli alat-alat dan perlengkapan batik yang telah rusak atau habis. Guna memperpanjang alokasi waktu membatik, jadwal pelajaran membatik ditempatkan di akhir jam pelajaran sehingga bisa dilanjutkan setelah jam pelajaran berakhir. Agar siswa tidak terlalu takut dan bisa percaya diri dalam membatik maka dalam mengerjakannya dibantu oleh teman lain atau guru. Kata kunci: hambatan, pembelajaran, kearifan lokal membatik TI - IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PELAKSANAAN PENDIDIKAN KEARIFAN LOKAL MEMBATIK DI SD SRIBIT KECAMATAN BAMBANG LIPURO KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011 A1 - Wibowo, Aji AV - public M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/5680/ ID - UNY5680 ER -