TY - THES Y1 - 2018/04/26/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab dan hasil belajar muatan IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SD N Tunjungan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian berjumlah 22 siswa. Desain PTK menggunakan Kemmis & Mc Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan & observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan wawancara. Validasi instrumen dilakukan dengan expert judgement. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan sikap tanggung jawab dan hasil belajar muatan IPA. Peningkatan skor tanggung jawab dari pra tindakan yaitu 50, menjadi 72,5 di siklus I dan naik menjadi 81,3 di siklus II. Rata-rata hasil belajar muatan IPA juga mengalami peningkatan yaitu 64,59 dalam kegiatan pra tindakan, 73,55 saat siklus I, dan naik menjadi 87,89 saat di siklus II. Selain itu, ketuntasan siswa juga mengalami peningkatan mulai dari 22,7% pada pra tindakan, 50% pada siklus I, dan naik menjadi 95,5% pada siklus II. Hasil dari siklus II sudah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian yaitu skor sikap tanggung jawab dan rata-rata hasil belajar lebih dari 75, sehingga penelitian dapat dikatakan sudah berhasil. Kata kunci: hasil belajar muatan IPA, sikap tanggung jawab, pembelajaran kooperatif tipe STAD PB - PGSD A1 - Kinarsih, Astri Dewi AV - restricted TI - PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA PEMBELAJARAN MUATAN IPA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD N TUNJUNGAN M1 - skripsi ID - UNY56799 UR - http://eprints.uny.ac.id/56799/ ER -