@techreport{UNY56705, year = {2017}, type = {Project Report}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)}, author = {Akmala Liana Rohmah Akmala Liana Rohmah}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {Laporan PPL}, keywords = {PLT, Praktik Mengajar Terbimbing, SMK Koperasi}, url = {http://eprints.uny.ac.id/56705/}, abstract = {Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa program pendidikan dari jurusan atau program studi apapun di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Usaha peningkatan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran terus dilakukan, termasuk dalam hal ini mata kuliah lapangan seperti Mata Kuliah Praktik Lapangan Terbimbing. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) tahun 2017 yang berlokasi di SMK Koperasi telah dilaksanakan oleh mahasiswa UNY mulai tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Kegiatan PLT bertujuan melatih mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimilikinya dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memperoleh pengalaman yang dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensinya di masa yang akan datang dalam kaitannya sebagai pendidik. Pelaksanaan PLT secara umum meliputi tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan analisis hasil. Tahap persiapan meliputi micro teaching dan pembekalan PLT yang dilaksanakan di kampus UNY sebelum penerjunan ke lapangan. Pelaksanaan PLT di SMK Koperasi meliputi penyusunan RPP, praktik mengajar terbimbing, pembuatan soal evaluasi, dan konsultasi pembimbing. Tahap analisis hasil meliputi hambatan, solusi, dan refleksi. Dalam pelaksanaan PLT, praktikan melaksanakan 24 kali praktik mengajar terbimbing di kelas X AK 1, X AK 3, X PM 2, dan X DKV dengan total 48 jam pelajaran. Selama 24 kali praktik mengajar terbimbing tersebut, praktikan membuat 8 RPP dengan 5 Kompetensi Dasar Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Secara umum, program kerja PLT di SMK Koperasi Yogyakarta dapat terlaksana dengan lancar. Kendala dalam melaksanakan suatu program merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, program yang masih memerlukan tindak lanjut dapat dilaksanakan oleh peserta PLT periode berikutnya.} }