%T PerbandinganEfektivitas Guided Discovery Learning(GDL) dan Problem Based Learning (PBL) Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Self-Efficacy Matematis Siswa SMP Kelas VIII %X Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas model pembelajaran guided discovery learning(GDL) dan problem based learning (PBL) ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, dan self-efficacy siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu dan SMP Negeri 20 Kota Bengkulu yang masing-masing sekolah terdiri atas 6 kelas pada tahun ajaran 2016/2017. Kemudian kelas VIII-1 dan VIII-2 pada SMPN 4, kelas VIII-D dan VIII-F pada SMPN 20 dipilih sebagai sampel penelitian. Kemudian Kelas VIII-1 dan VIII-D sebagai kelas eksperimen diberikan model pembelajaran PBL dan kelas VIII-2 dan VIII-F sebagai kelas eksperimen diberikan model pembelajaran GDL. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi tes prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, dan angket self-efficacy mempunyai tingkat reliabilitas berturut-turut sebesar 0,28, 0,282, dan 0,634. Perbandingan efektivitas GDL dan PBL ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, dan self-efficacy matematis dianalisis menggunakan uji statistik Multivariate Analysis of Variance(MANOVA) dan untuk membandingkan kedua pembelajaran mana yang lebih efektif menggunakan Independent Samplest-test. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa pembelajaran GDL dan PBL tidak efektif ditinjau dari prestasi belajar kemampuan pemecahan masalah, dan self-efficacy. Berdasarkan analisis data, tidak ada perbedaan keefektifan antara pembelajaran GDL dan PBL ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, dan self-efficacy matematis siswa SMP kelas VIII. %A Elwan Setiadi %I UNY %K guided discovery learning, problem based learning, prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, self-efficacy %L UNY56689 %D 2018