%L UNY56654 %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab dan kerja sama dalam pembelajaran permainan bolabasket melalui pendekatan TGfU pada siswa kelas XI TSM 2 SMK Ma’arif 1 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design Type Nonequivalent Control Group. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI TSM 2 SMK Ma’arif 1 Wates sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI TSM 1 sebagai kelompok kontrol masing-masing kelas memiliki karakteristik yang hampir sama. Kelompok eksperimen diberi perlakuan pendekatan TGfU (Teaching Games for Understanding), sedangkan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan guru yaitu pendekatan konvensional. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi tes afektif siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik interensial, yang didukung dengan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran permainan bolabasket melalui pendekatan TGfU terhadap peningkatan tanggung jawab dan kerja sama siswa kelas XI TSM 2 SMK Ma’arif 1 Wates, hasil dari tanggung jawab menunjukkan nilai t hitung 3,012 > t tabel (df 27;0,05) 2,052, nilai signifikansi 0,006 < 0,05, dan kenaikan persentase sebesar 10,91%, sedangkan untuk sikap kerja sama nilai t hitung 2,645 > t tabel (df 27;0,05) 2,052, nilai signifikansi 0,013 < 0,05, dan kenaikan persentase sebesar 6,29%. Berdasarkan hasil penghitungan uji-t, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran permainan bolabasket melalui pendekatan TGfU memberikan pengaruh terhadap peningkatan tanggung jawab dan kerja sama siswa kelas XI TSM 2 SMK Ma’arif 1 Wates. %A Dita May Candrawati %K Pendekatan Teaching Games for Understanding (TGfU), sikap tanggung jawab dan kerja sama %T PENGARUH PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLABASKET MELALUI PENDEKATAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN KERJA SAMA SISWA KELAS XI TSM 2 SMK MA’ARIF 1 WATES %D 2018 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan