%0 Thesis %9 S1 %A Ratri, Niken Kartika %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2018 %F UNY:56583 %I PGSD %T PENGEMBANGAN MEDIA BOXSI (BOX KLASIFIKASI) MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS II SD N KEBONAGUNG 1 %U http://eprints.uny.ac.id/56583/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran tiga dimensi BOXSI (Box Klasifikasi) yang layak digunakan pada mata pelajaran Matematika materi Bangun Datar kelas II sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) yang menggunakan teori Borg dan Gall dengan mengkombinasikan teori Arif S. Sadiman dalam pengembangan media pembelajarannya. Penelitian ini terdiri dari studi pendahuluan dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft produk awal yang meliputi penyusunan rancangan; penulisan naskah; produksi media; dan evaluasi program media, uji coba lapangan awal, revisi uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama, revisi uji coba lapangan utama, uji coba lapangan operasional, dan penyempurnaan produk akhir. Tempat pelaksanaan penelitian adalah SD N Kebonagung 1 Kabupaten Magelang. Subjek uji coba lapangan awal adalah 3 siswa, subjek uji coba lapangan utama adalah 8 siswa dan subjek uji coba lapangan operasional adalah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan media BOXSI (Box Klasifikasi) pada mata pelajaran Matematika materi Bangun Datar untuk siswa kelas II sekolah dasar yang dihasilkan melalui teori di atas sudah dinyatakan layak. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi menunjukkan kategori sangat baik (3,59), hasil validasi ahli media menunjukkan kategori sangat baik (3,41), hasil uji coba lapangan awal menunjukkan kategori sangat baik (3,40), hasil uji coba lapangan utama menunjukkan kategori sangat baik (3,70), dan hasil uji coba lapangan operasional menunjukkan kategori sangat baik (3,90). Kata Kunci: pengembangan media, BOXSI, Bangun Datar