TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan pada siswa kelas IA SD Muhammadiyah Pepe Kecamatan Bantul dengan menggunakan media pop up berbasis karakter. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan subjek penelitian siswa kelas IA yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan MC Taggart yang berlangsung dalam dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi sikap peduli lingkungan siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan angket sikap peduli lingkungan. Validitas instrumen pada penelitian ini menggunakan pendapat ahli (expert judgement). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan sikap peduli lingkungan pada siswa kelas IA SD Muhammadiyah Pepe. Sikap peduli lingkungan siswa dapat meningkat melalui berbagai proses yaitu 1) pembelajaran memahami sikap peduli lingkungan dengan menggunakan media pop up berbasis karakter secara langsung dengan berkelompok, 2) terdapat aktivitas psikomotorik yang berdasar media pop up berbasis karakter, 3) pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran menggunakan media pop up berbasis karakter. Peningkatan sikap peduli lingkungan dapat dilihat dari hasil observasi dan angket. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan 76% siswa berkategori tinggi dari siklus I ke siklus II. Sedangkan, hasil angket menunjukkan adanya peningkatan sebesar 12% siswa berkategori tinggi dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pop up berbasis karakter dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan siswa kelas IA SD Muhammadiyah Pepe. Kata kunci: sikap peduli lingkungan sekolah, media pop up berbasis karakter Y1 - 2018/04/16/ PB - PGSD A1 - Rochimah, Siti Noor AV - restricted TI - PENINGKATAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN MENGGUNAKAN MEDIA POP UP BERBASIS KARAKTER PADA SISWA KELAS IA SD MUHAMMADIYAH PEPE ID - UNY56579 M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/56579/ ER -