%L UNY56578 %A Uswatun Hasanah %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) guru SD Negeri Demakijo I, (2) alasan guru SD N Demakijo I dalam melaksanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), (3) faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi ketika mengikuti Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), (4) upaya-upaya guru SD Negeri Demakijo I dalam mengatasi hambatan pada pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data penelitian kepala sekolah, koordinator pengem bangan SDM, 6 guru kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan PKB meliputi kegiatan diklat funsional dan kegiatan kolektif guru. Kegiatan publikasi ilmiah dan karya inovatif belum optimal, (2) alasan guru mengikuti PKB adalah untuk meningkatkan profesionalitas mereka, (3) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan PKB berasal dari Dinas, lembaga dan diri sendiri, (4) upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan adalah dengan meningkatkan kegiatan dalam PKB serta menjadi guru yang lebih mandiri. Kata kunci: guru, pengembangan keprofesian berkelanjutan, sekolah dasar %I PGSD %D 2018 %T PELAKSANAAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DEMAKIJO I GAMPING SLEMAN