eprintid: 56534 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/65/34 datestamp: 2018-04-11 02:27:50 lastmod: 2019-10-01 11:25:32 status_changed: 2018-04-11 02:27:50 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Astri Dewi Kinarsih, Astri Dewi Kinarsih title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PLT, Praktek Mengajar, Sekolah Dasar, SD Negeri Tukangan, UNY abstract: Praktek Lapangan Terbimbing (PLT) yang diadakan di SD Negeri Tukangan berlangsung mulai tanggal 15 September 2017 sampai dengan tanggal 15 November 2017. Adanya kegiatan PLT diharapkan mahasiswa dapat memiliki pengalaman belajar terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas ilmu, wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab dan keterampilan dalam pemecahan masalah. Secara keseluruhan, pelaksanaan kegiatan PLT sudah berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Bentuk pelaksanaan kegiatan PLT ada dua jenis, yaitu program mengajar dan program non mengajar. Program mengajar terdiri atas empat kali praktek mengajar terbimbing, empat kali praktek mengajar mandiri dan dua kali ujian praktek mengajar. Masing-masing jenis praktek tersebut dilaksanakan di kelas rendah dan kelas tinggi. Program non mengajar antara lain observasi, menyusun matrik program PLT, persiapan dan evaluasi program, program semester, silabus, input data guru, kegiatan kepramukaan, pendampingan PTS, pendampingan ekstrakurikuler, sloganisasi, media tangga ukuran, mading kepahlawanan, lomba kebersihan kelas, lapangan permainan tradisional, upacara bendera, doa bersama, pengajian tahun baru hijriah, peringatan HUT Kota Yogyakarta, kegiatan perkemahan, pesta siaga, peringatan hari pahlawan, pengajian rutin Minggu Pon, mengajar insidental dan penyusunan laporan PLT. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan PLT di SD Negeri Tukangan, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PLT dapat memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam mengembangkan kompetensi di bidang pendidikan, menjadi sarana bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan dan keterampilan yang telah di pelajari di bangku kuliah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang bersangkutan. date: 2017 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Astri Dewi Kinarsih, Astri Dewi Kinarsih (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/56534/1/14108241112_ASTRI%20DEWI%20KINARSIH_PGSD_PSD_FIP_SD%20N%20TUKANGAN%20%28A034%29.pdf