%0 Thesis %9 S1 %A SAVITRI, ANNISA RAHAYU %B Pendidikan Akuntansi %D 2018 %F UNY:56526 %I Fakultas Ekonomi %K Media Pembelajaran, Permainan Edukatif, Tebak Kata Akuntansi (BAKAT) %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI ADOBE FLASH CS5 BERBENTUK PERMAINAN EDUKATIF TEBAK KATA AKUNTANSI (BAKAT) UNTUK MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR KELAS X SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018 %U http://eprints.uny.ac.id/56526/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran dengan aplikasi Adobe Flash CS5 berbentuk permainan edukatif Tebak Kata Akuntansi (BAKAT) untuk mata pelajaran Akuntansi Dasar kelas X SMK YPKK 2 Sleman; (2) kelayakan dari segi ahli materi, ahli media dan praktisi pembelajaran akuntansi terhadap media pembelajaran dengan aplikasi Adobe Flash CS5 berbentuk permainan edukatif Tebak Kata Akuntansi (BAKAT); (3) mengetahui penilaian siswa terhadap media pembelajaran dengan aplikasi Adobe Flash CS5 berbentuk permainan edukatif Tebak Kata Akuntansi (BAKAT). Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik SMK YPKK 2 Sleman kelas X jurusan Akuntansi, ahli materi, ahli media dan praktisi pembelajaran akuntansi dan objek penelitian adalah pengembangan media pembelajaran berbentuk permainan edukatif Tebak Kata Akuntansi (BAKAT). Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner skala 5 dengan analisis data yang digunakan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran permainan edukatif Tebak Kata Akuntansi (BAKAT) adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Media Pembelajaran Tebak Kata Akuntansi (BAKAT) dikembangkan melalui 5 tahapan yaitu: a) Analysis; b) Design; c) Development; d) Implementation; dan e) Evaluation. (2) Media Pembelajaran Tebak Kata Akuntansi (BAKAT) ini layak digunakan berdasarkan penilaian: a) Ahli materi diperoleh persentase 96% (Sangat Layak), b) Ahli media diperoleh persentase 95% (Sangat Layak), dan c) Praktisi Pembelajaran Akuntansi diperoleh persentase 98,46% (Sangat Layak). (3) penilaian siswa terhadap media pada ujicoba perorangan diperoleh persentase 82,67% (Sangat Layak), ujicoba kelompok kecil diperoleh persentase 83,60% (Sangat Layak), dan ujicoba lapangan diperoleh persentase 92,43% (Sangat Layak).