%0 Thesis %9 S1 %A Alfarizi, Muhammad Rizki %A Agung Nugroho AM, %B Pendidikan Kepelatihan Olahraga %D 2018 %F UNY:56455 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K latihan audio visual, latihan langsung, pencak silat kategori tunggal %T PENGARUH LATIHAN AUDIO VISUAL DENGAN LANGSUNG TERHADAP PENGUASAAN GERAK PENCAK SILAT KATEGORI TUNGGAL %U http://eprints.uny.ac.id/56455/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan audio visual dengan langsung terhadap penguasaan gerak pencak silat kategori tunggal. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “two group pretest-posttest design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN Salaman 3 yang mengikuti ekstrakurikuler pencak silat yang berjumlah 35 anak. Tenik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kriteria (1) sudah memiliki materi dasar pencak silat, (2) kelas 5, (3) sudah belajar pencak silat minimal 1 tahun, (4) kehadiran minimal 75% pada kegiatan ekstrakurikuler pencak silat SDN Salaman 3, (5) siswa putri. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 20 siswa. Instrument yang digunakan adalah form penilaian juri pencak silat kategori tunggal. Analisis data menggunakan uji t. Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh latihan audio visual terhadap penguasaan gerak pencak silat kategori tunggal, dengan t hitung 4,9 > t tabel 1,833 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, dengan selisih peningkatan sebesar 108,1. (2) Ada pengaruh latihan langsung terhadap penguasaan gerak pencak silat kategori tunggal, dengan t hitung 5,6 > t tabel 1,833, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dengan selisih peningkatan 130,1. (3) Metode latihan langsung (direct intruction) lebih efektif terhadap penguasaan gerak pencak silat kategori tunggal dari pada metode audio visual, dengan selisih rata-rata posttest sebesar 22,3.