TY - THES A1 - Nurrahmawati, Herwinda Putri PB - PGSD N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi pecahan sederhana menggunakan pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) pada siswa kelas III SD N Salakan Lor. Pendekatan SAVI terdiri dari tahap persiapan, tahap penyampaian, tahap pelatihan, dan tahap penyampaian hasil. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD N Salakan Lor yang berjumlah 25 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika pada materi pecahan sederhana menggunakan pendekatan SAVI. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis, lembar observasi guru, dan lembar observasi siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan pendekatan SAVI pada materi pecahan sederhana mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pre test, bahwa belum ada siswa yang mencapai ketuntasan belajar, pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 84% dan pada siklus II ketuntasan belajar meningkat menjadi 96%. Nilai rata-rata pre test adalah 57,12, meningkat pada post test siklus I menjadi 83,64, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 92,36. Peningkatan hasil belajar tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang menggunakan pendekatan SAVI dan menggunakan alat peraga yang dapat membantu pola pikir siswa. Kata kunci : hasil belajar pecahan dan pendekatan SAVI Y1 - 2018/04/05/ UR - http://eprints.uny.ac.id/56453/ M1 - skripsi ID - UNY56453 TI - UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN SEDERHANA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI BAGI SISWA KELAS III SD N SALAKAN LOR AV - restricted ER -