relation: http://eprints.uny.ac.id/56386/ title: LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) creator: Rifqi Ardiyanto Hidayat, Rifqi Ardiyanto Hidayat subject: LPPMP description: PLT UNY di SMK Ma’arif 1 Wates merupakan salah satu program kegiatan yang dilaksanakan dari LPPMP UNY untuk mahasiswa UNY dalam penerapan pendidikan akademik yang diwujudkan dalam kegiatan langsung mahasiswa di lembaga pendidikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan kedewasaan dan profesionalitas mahasiswa untuk memperbaharui dan mewujudkan tatanan kehidupan bermasyarakat khususnya dunia pendidikan yang lebih baik. Salah satunya adalah dengan pelaksanaan serangkaian program PLT UNY di SMK Ma’arif 1 Wates tahun 2017 ini. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan mulai tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktek ini adalah SMK Ma’arif 1 Wates. Sebelum mahasiswa diterjunkan dilapangan, ada serangkaian persiapan yang dilakukan guna mendukung terlaksananya program kerja PLT, antara lain: observasi, dan pembekalan PLT. Pelaksanaan PLT ini dilakukan dengan mengajar di luar kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Penulis melakukan pengajaran sebanyak 3 kali pertemuan selama seminggu dan kelas yang diajar sebanyak 3 kelas, yaitu kelas XI TKR 2, XI TKR 3, dan XI TKR 4. Namun ada kelas tambahan yang harus diisi juga yaitu kelas XII TKR 1 dan XII TKR 3. Metode yang digunakan dalam pengajaran adalah metode saintifik (scientific method). Kendala yang dialami ketika melakukan kegiatan pengajaran antara lain dalam pengelolaan kelas saat beberapa siswa sulit untuk dikondisikan. Hasil dan Manfaat yang diperoleh dari kegiatan PLT yaitu : (1) Menambah pengalaman mahasiswa tentang proses pembelajaran di sekolah, (2) Memperoleh pengalaman dalam mengatasi permasalahan pembelajaran dan pendidikan yang di sekolah, (3) Memperoleh pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajarana di sekolah, dan (4) Kegiatan PLT dapat memberikan kegiatan nyata dari kondisi dan situasi lingkungan yang ada untuk menghadapi lingkungan kerja di masa mendatang. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan sarana yang paling tepat bagi mahasiswa jurusan kependidikan untuk bisa mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dibangku perkuliahan ke sekolah. PLT yang mempunyai kegiatan yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam pembelajaran, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta date: 2017 type: Monograph type: PeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/56386/1/14504241027_Rifqi%20Ardiyanto%20Hidayat_%20Pend.%20Teknik%20Otomotif.pdf identifier: Rifqi Ardiyanto Hidayat, Rifqi Ardiyanto Hidayat (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.