eprintid: 56385 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/63/85 datestamp: 2018-04-02 01:31:50 lastmod: 2019-10-01 11:25:44 status_changed: 2018-04-02 01:31:50 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: BAKTI ANDIKA ALFIRAQ FAJRI, BAKTI ANDIKA ALFIRAQ FAJRI title: LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PLT, Kegiatan, Hasil abstract: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan program yang wajib ditempuh oleh mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa calon guru untuk mengenal dunia keguruan secara nyata sebelum mereka benar-benar terjun di dalamnya. Program PLT ini bertujuan untuk membantu mahasiswa calon guru memaksimalkan potensi mereka. Di sisi lain, para mahasiswa juga dapat belajar dengan sungguh-sungguh serta mencari bekal untuk mereka ketika sudah benar-benar menjadi seorang guru. Sebelum Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan terlebih dahulu dilakukan obeservasi lapangan. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi sekolah, sarana prasarana yang ada di sekolah, mengetahui metode guru dalam mengajar, dan juga untuk mengetahui kondisi kelas pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Kegiatan PLT dilaksanakan dari tanggal 15 September 2017 s.d. 15 November 2017 atau kurang lebih selama 2 bulan yang bertempat di SMK Ma’arif 1 Wates yang beralamat di Jln. Puntodewo, Gadingan, Wates, Kulon Progo. Kegiatan yang dilakukan selama PLT antara lain adalah persiapan administrasi mengajar, menyusun dan mengembangkan media pembelajaran, melakukan praktik mengajar terbimbing dan mandiri serta evaluasi. Hasil yang diperoleh setelah melaksanakan kegiatan PLT, mahasiswa mendapat tambahan wawasan, ilmu , dan pengalaman mahasiswa terkait bagaimana rasanya menjadi guru yang sesungguhnya serta dapat menumbuh kembangkan profesionalitas dari mahasiswa selaku calon tenaga kependidikan, selain itu mahasiswa juga dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan khususnya pada bidang kependidikan otomotif, mengenal dan membantu memecahkan berbagai masalah yang ada di sekolahan serta menambah relasi dalam dunia pendidikan. date: 2017 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: BAKTI ANDIKA ALFIRAQ FAJRI, BAKTI ANDIKA ALFIRAQ FAJRI (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/56385/1/14504241009_Bakti%20Andika%20A_Pend%20Teknik%20Otomotif.pdf