%T EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN TIME TOKENS DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VII SMP %I Fakultas MIPA %D 2018 %K Numbered Head Together, time tokens, pemahaman konsep, keterampilan sosial %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Time Tokens pada materi himpunan ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep dan keterampilan sosial siswa kelas VII SMP. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Depok. Sampel dipilih secara acak dengan teknik sampling purposive. Sampel terpilih yaitu VII A sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran dengan pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Time Tokens dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional yaitu model pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes pemahaman konsep (pretest dan post test), dan non-tes berupa observasi keterampilan sosial siswa. Metode pengujian hipotesis dengan menggunakan t-paired sample test dan independent samples t-test yang dibantu menggunakan software SPSS. Berdasarkan data yang diperoleh, gain kelas ekperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 41,60 dan 32,81. Hasil observasi keterampilan sosial pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 49,8 dengan kategori baik dan 44,6 dengan kategori baik. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa 1) model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Time Tokens efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematika, 2) model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Time Tokens efektif ditinjau dari keterampilan sosial siswa. %A Anggara Ari Mustofa %A Tuharto Tuharto %L UNY56366