%0 Thesis %9 S1 %A Yulia, Muharomah %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2018 %F UNY:56347 %I PGSD %T PENGEMBANGAN MEDIA BASAL READER SERIES UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN VOCABULARY SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 1 SEKARSULI, BANTUL %U http://eprints.uny.ac.id/56347/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran basal reader series yang layak untuk meningkatkan penguasaan vocabulary siswa kelas IV SD N 1 Sekarsuli, dan (2) mengetahui efektivitas media basal reader series terhadap penguasaan vocabulary siswa kelas IV SD N 1 Sekarsuli, Bantul. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini mengadaptasi prosedur pengembangan dari Borg dan Gall yang terdiri dari 10 langkah, yaitu: (1) penelitian awal dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba lapangan pendahuluan, (5) revisi hasil uji coba lapangan pendahuluan, (6) uji coba lapangan terbatas, (7) revisi hasil uji coba lapangan terbatas, (8) uji coba lapangan operasional, (9) penyempurnaan produk akhir, dan (10) diseminasi dan implementasi. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV SD N 1 Sekarsuli dan SD Plakaran. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen wawancara, skala penilaian ahli media, skala penilaian ahli materi , angket respon guru dan siswa dan tes penguasaan vocabulary siswa. Keefektifan produk diuji melalui quasi experiment. Teknik analisis data menggunakan independent t-test dan gain score dengan taraf signifikansi minimal 0,05. Hasil penelitian berupa media pembelajaran basal reader series. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media tersebut layak menurut ahli materi dan ahli media dengan kriteria “Baik”. Hasil Uji coba menunjukkan bahwa media efektif dalam meningkatkan penguasaan vocabulary siswa. Hal ini ditunukkan dengan hasil uji coba lapangan operasional, gain score kelompok eksperimen (0,75) lebih tinggi dari kelompok kontrol (0,54) yang berarti terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Kata Kunci: media, basal reder series, vocabulary