TY - THES TI - Pengaruh Metode Latihan dan Ketepatan terhadap Keterampilan Servis pendek Backhand pada Peserta Ekstrakurikuler Bulu tangkis AV - restricted KW - metode latihan KW - global KW - bagian KW - keterampilan servis pendek backhand M1 - tesis ID - UNY56332 UR - http://eprints.uny.ac.id/56332/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara metode latihan global dan bagian terhadap keterampilan servis pendek backhand pada siswa peserta ekstrakurikuler bulu tangkis di SMK Kota Yogyakarta, (2) perbedaan pengaruh antara ketepatan tinggi dan rendahterhadap keterampilan servis pendek backhand pada siswa peserta ekstrakurikuler bulu tangkisdi SMK Kota Yogyakarta, dan (3) hubunganantara metode latihan dan ketepatan terhadap keterampilan servis pendek backhand pada siswa peserta ekstrakurikuler bulu tangkisdi SMK Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Populasi penelitian di sekolah menengah kejuruan di Kota Yogyakarta. Sampel penelitian berjumlah dua sekolah yaitu SMK Muhammadiyah 2 dan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang memiliki jumlah total peserta ekstrakurikuler bulu tangkissebanyak 26 orang siswa, ditentukan dengan teknik random sampling. Analisis data menggunakan analysis of variance (anava)pada taraf signifikansi ? = 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan global dan metode latihan bagian terhadap keterampilan servis pendek backhand pada siswa peserta ekstrakurikuler bulu tangkisdi SMK Kota Yogyakarta, yang terbukti dari nilai p = 0,019< 0,05. Metode latihan global lebih baik dibandingkan dengan metode latihan bagian dengan nilai rata-rata posttestsebesar 38,2(2) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara peserta ekstrakurikuler yang memiliki ketepatan tinggi dan ketepatan rendah terhadap keterampilan servis pendek backhand pada siswa peserta ektrakurikuler bulu tangkisdi SMK Kota Yogyakarta, yang terbukti dari nilai p = 0,000 < 0,05. Peserta yang memiliki ketepatan tinggi lebih baik dibandingkan dengan peserta yang memiliki ketepatan rendahdengan nilai rata- rata sebesar 63,5(3) terdapat hubunganyang signifikan antara metode latihan dan ketepatan, yang terbukti dari nilai p = 0,006< 0,05. Y1 - 2018/01/26/ PB - UNY A1 - Muhdar, Mohammad Junaidin ER -