@techreport{UNY56324, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {Laporan PPL}, author = {Nur Istikhomah Nur Istikhomah}, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING ( PLT )}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, type = {Project Report}, year = {2017}, url = {http://eprints.uny.ac.id/56324/}, keywords = {PLT, kegiatan, mengajar}, abstract = {Program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki kedalam kegiatan pembelajaran. PLT ini bertujuan untuk melakukan pembelajaran, dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki dalam kehidupan nyata, melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan sebagai upaya mempersiapkan pengalaman dan bekal mahasiswa sebagai calon guru/ pendidik atau tenaga kependidikan. Praktik Lapangan Terbimbing ini laksanakan di SMP Negeri 3 Sentolo, yang berlokasi di Ngrandu, Kaliagung, Sentolo, Kulonprogo. Kegiatan PLT ini berlangsung selama 8 minggu, terhitung dari tanggal 15 September sampai tanggal 15 November 2017. Dalam pelaksanaanya, berbagai program kegiatan PLT telah berhasil dilaksanakan, kegiatan tersebut diantaranya praktik mengajar, konsultasi dengan guru pembimbing, mengawasi UTS/PTS, pendampingan ekstrakurikuler, menyusun dan mengoreksi soal, tugas dan ulangan harian, konsultasi dengan DPL PLT, pembuatan laporan PLT, melatih upacara, dan lain sebagainya. Pada praktik mengajar (PLT) di SMP Negeri 3 Sentolo ini, praktikan telah menyelesaikan tugas secara umum mengajar di beberapa kelas, yaitu kelas VII A, VII B, VII C, VIII D, VIII F, IX A, IX B, dan IX C dengan masing-masing jumlah pertemuan yang berbeda-beda. Praktik mengajar di kelas dapat dikatakan berjalan dengan lancar walaupun ada sedikit kendala dan hambatan dalam melakukan PLT baik yang berasal dari internal maupun eksternal. Namun semua ini dapat diatasi dengan menggunakan metode yang tepat. Dengan adanya kegiatan PLT ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Dengan terselesaikanya kegiatan PLT ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.} }