@phdthesis{UNY56307, month = {March}, school = {PGSD}, title = {PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGERI 1 BERO TRUCUK KLATEN}, author = {Rifka Annisa}, year = {2018}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktivan siswa pada pembelajaran PKn di kelas V SD N 1 BERO. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model active learning tipe card sord. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 1 Bero yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model active learning tipe card sord melalui langkah siswa dibagikan kartu kategori, mencari pasangan kartu kategori, berkelompok sesuai kategori dan berdiskusi, mempresentasikan hasil diskusi, dan guru bersama siswa merefleksi materi yang dipelajari dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat meningkatkan keaktivan siswa kelas V SD N 1 Bero. Hasil pengamatan pada pra tindakan belum ada siswa yang memiliki keaktivan dalam kategori baik. Tindakan pada siklus I telah berhasil meningkatkan keaktivan siswa dengan kategori baik pada tindakan pertama yaitu 3 siswa dengan presentasi 21,43\% dan pada tindakan kedua menjadi 6 siswa dengan presentasi 42,86\%. Siklus II keaktivan siswa meningkat menjadi 10 siswa dengan presentasi 71,42\% pada tindakan pertama dan 12 siswa dengan presentasi 85,71\% siswa mencapai keaktivan dalam kategori baik pada tindakan kedua. Kata kunci : model active learning tipe card sord, keaktivan siswa}, url = {http://eprints.uny.ac.id/56307/} }