%0 Thesis %9 S1 %A Puryanto, Restu Aji %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2018 %F UNY:56306 %I PGSD %T PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (LKS IPS) BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK SISWA KELAS IV SD DI GUGUS NUSAINDAH KECAMATAN PURING %U http://eprints.uny.ac.id/56306/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Lembar Kerja Siswa (LKS) IPS berbasis problem solving berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan tanggapan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Gugus Nusa Indah Kecamatan Puring. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Validasi instrumen dilakukan oleh validator ahli materi dan media. Setelah dilakukan validasi kemudian diuji cobakan kepada siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan LKS berbasis problem solving pokok bahasan masalah sosial untuk siswa SD kelas IV dapat dikategorikan sangat baik dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan dari angket penilaian ahli materi dengan rerata skor 4,57 dengan kategori sangat baik. Penilaian LKS oleh ahli media memperoleh rerata skor 4,34 dengan kategori sangat baik. Hasil angket respon siswa menunjukan rerata skor 4,5 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan penilaian hasil angket oleh ahli maupun respon siswa terhadap LKS berbasis problem solving pokok bahasan masalah sosial untuk siswa kelas IV dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran IPS. Kata kunci : Lembar Kerja Siswa.IPS. Problem Solving