%A Purwandaru Purwandaru %D 2018 %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran matematika “PAKADES: Papan Flanel Perkalian Desimal” yang layak digunakan untuk pembelajaran perkalian desimal di SD dan (2) mengetahui keefektifan media pembelajaran matematika “PAKADES” untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran perkalian desimal di SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan 7 langkah berupa penentuan masalah, studi literatur, perancangan produk, validasi desain/uji coba internal, revisi desain, pembuatan produk, dan uji coba terbatas. Penentuan masalah dilakukan di SD Negeri Percobaan 4 Wates. Dari studi literatur, didapatkan 30 literatur berupa 23 buku teks, 4 buku elektronik, dan 3 jurnal elektronik. Perancangan produk menghasilkan desain/prototype ”PAKADES”. Validasi desain/uji internal dilakukan oleh ahli materi, media, dan praktisi. Revisi desain dan pembuatan produk menghasilkan produk media pembelajaran “PAKADES”. Uji keefektifan media “PAKADES” dilakukan melalui eksperimen one-group pretest-posttest design dengan mengambil satu kelompok yang terdiri dari 20 siswa kelas VB SD Negeri Percobaan 4 Wates. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis data dengan teknik analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kelayakan media pembelajaran “PAKADES” menurut ahli materi mendapatkan skor rata-rata 4,88 yang termasuk dalam kategori sangat baik, (2) kelayakan media pembelajaran “PAKADES” menurut ahli media mendapatkan skor rata-rata 3,96 yang termasuk dalam kategori baik, (3) kelayakan media pembelajaran “PAKADES” menurut guru mendapatkan skor rata-rata 4,82 yang termasuk dalam kategori sangat baik, (4) media pembelajaran “PAKADES” efektif meningkatkan nilai rata-rata siswa sebesar 148%. Kata kunci: media pembelajaran, matematika, perkalian desimal, PAKADES %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA “PAKADES: PAPAN FLANEL PERKALIAN DESIMAL” UNTUK SISWA SD %L UNY56301 %I PGSD