%T PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA DAN SEKOLAH TERHADAP KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH SE-KECAMATAN KASIHAN BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018 %D 2018 %I PGSD %L UNY56298 %X Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui pengaruh pendidikan agama dalam keluarga terhadap karakter religius siswa kelas V SD Muhammadiyah se-Kecamatan Kasihan dan 2) untuk mengetahui pengaruh pendidikan agama di sekolah terhadap karakter religius siswa kelas V SD Muhammadiyah se-Kecamatan Kasihan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dan menggunakan metode penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah se-Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul yang berjumlah 169 siswa. Sampel yang digunakan yaitu 119 siswa dengan tingkat kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Uji validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas konstruk dan dianalisis menggunakan rumus Pearson Product Moment. Uji reabilitas instrumen menggunakan rumus Cronbach Alpha. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan agama dalam keluarga terhadap karakter religius siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,663 dan 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan agama di sekolah terhadap karakter religius siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,485. Adanya pengaruh positif dapat diartikan bahwa seiring meningkatnya variabel bebas disertai dengan meningkatnya variabel terikat. Adanya pengaruh yang signifikan dapat diartikan bahwa ketika variabel bebas dan variabel terikat sama-sama memiliki kenaikan yang kuat/banyak. Kata kunci: pendidikan agama dalam keluarga, pendidikan agama di sekolah, karakter religius %A Nur Hidayati