@phdthesis{UNY56295, year = {2018}, month = {March}, author = {Muhammad Fauzan Ashikin}, school = {PGSD}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA PENGGARIS KONVERSI SATUAN PENGUKURAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS TINGGI SD NEGERI SINDUREJAN YOGYAKARTA}, url = {http://eprints.uny.ac.id/56295/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media penggaris konversi satuan pengukuran yang layak untuk digunakan siswa kelas tinggi dalam pembelajaran matematika di SD Negeri Sindurejan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) model Borg dan Gall. Namun, penelitian ini hanya menerapkan 9 tahap, yaitu studi pendahuluan dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, uji coba lapangan awal, revisi produk uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama, revisi produk uji coba lapangan utama, uji coba lapangan operasional, dan penyempurnaan produk akhir. Teknik dan instrumen pengumpulan data adalah wawancara dengan menggunakan pedoman wawancara dan angket dengan menggunakan kisi-kisi instrumen angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media penggaris konversi satuan pengukuran yang dihasilkan menggunakan model pengembangan Borg dan Gall dapat dikatakan layak. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi dari ahli media yang menunjukkan kategori sangat baik (4,22), hasil validasi dari ahli materi yang menunjukkan kategori sangat baik (4,70), hasil uji coba lapangan awal yang menunjukkan kategori sangat baik (4,6) dengan nilai rata-rata LKS 7,5; hasil uji coba lapangan utama yang menunjukkan kategori sangat baik (4,50) dengan nilai rata-rata LKS 8, dan hasil uji coba lapangan operasional yang menunjukkan kategori sangat baik (4,54) dengan nilai rata-rata LKS 8,24. Kata kunci: pengembangan media, satuan pengukuran, penggaris konversi satuan pengukuran} }