TY - RPRT TI - LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) AV - public M1 - project_report N2 - Kegiatan PLT dimaksudkan untuk memberikan pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah bagi mahasiswa. PLT dilaksanakan di SD Negeri Karangasem dimulai tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Pelaksanaan PLT dilakukan pada kelas 1 sampai dengan kelas 6. Program kerja PLT diawali dengan kegiatan observasi baik fisik maupun nonfisik yang meliputi perangkat pembelajaran, pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan kondisi lembaga. Berdasarkan observasi, dilakukan perancangan perumusan program kerja meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, ujian praktik mengajar terimbing, pembuatan RPP, pengembangan media, dan kegiatan lain yang menunjang kompetensi mengajar serta kegiatan lain yang dapat membantu pihak sekolah. Semua program kerja yang telah direncanakan dapat terlaksana sesuai dengan target yang diharapkan walaupun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan. Hambatan tersebut diantaranya kesulitan dalam pengkondisian kelas yang diakibatkan oleh perbedaan individual yang dimiliki siswa menjadikan suasana pembelajaran kurang kondusif. Berdasarkan pelaksanaan PLT di SD Negeri Karangasem, mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi mengajarnya sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Selain itu, melalui kegiatan PLT dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama perkuliahan ke dalam pembelajaran di sekolah. Mahasiswa juga dapat memahami karakteristik peserta didik, menguasai bidang studi, menguasai metodologi pembelajaran yang mendidik, dan dapat mengembangkan kepribadian sebagai guru sebagaimana yang tercantum dalam undang-undang guru dan dosen. UR - http://eprints.uny.ac.id/56274/ KW - PLT KW - SD N Karangasem KW - UNY Y1 - 2017/// PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Khusnu Tsawab, Khusnu Tsawab ID - UNY56274 ER -