%0 Thesis %9 S1 %A Arrumadewi, Yosi Titriasari %B Biologi %D 2017 %F UNY:56245 %I Fakultas MIPA %K aktualisasi, pemanfaatan jenis sumber informasi, pembelajaran dan penilaian metode ilmiah %T AKTUALISASI PEMBELAJARAN METODE ILMIAH ASPEK KEHIDUPAN BESERTA PENILAIANNYA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI KABUPATEN KULON PROGO BERDASARKAN PEMANFAATAN JENIS SUMBER INFORMASI OLEH GURU %U http://eprints.uny.ac.id/56245/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktualisasi pembelajaran metode ilmiah aspek kehidupan beserta penilaiannya pada guru kelas VII, VIII, dan IX dalam mata pelajaran IPA di SMP Negeri Kabupaten Kulon Progo berdasarkan pemanfaatan jenis sumber informasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Pelaksanaan penelitian ini dimulai pada bulan September-Desember 2016. Populasi penelitian meliputi guru-guru IPA SMP Negeri yang ada di Kabupaten Kulon Progo. Pengambilan sampel dilakukan secara sensus yang diperoleh 30 orang guru IPA sebagai subjek sasaran/responden dari 9 SMP yang tersebar di kabupaten Kulon Progo. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah aktualisasi pembelajaran metode ilmiah aspek kehidupan. Aktualisai pembelajaran metode ilmiah aspek kehidupan dalam penelitian ini dikaitkan dengan salah satu variabel yaitu pemanfaatan jenis sumber informasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang telah disusun oleh Bambang Subali, dkk., tahun 2016. Pengumpulan data utama pada penelitian ini menggunakan angket atau kuisioner serta wawancara sebagai data pendukung dan untuk teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil bahwa pada aktualisasi pembelajaran metode ilmiah aspek kehidupan beserta penilaiannya sebagian besar guru baik guru yang memanfaatkan jenis sumber informasi ≥ 3 maupun guru yang memanfaatkan jenis sumber informasi < 3 mengajarkan dan menilai metode ilmiah aspek kehidupan di kelas yang diampu. Ditinjau dari pemanfaatan jenis sumber informasi bahwa pemanfaatan jenis sumber informasi dinilai kurang berpengaruh dalam aktualisasi pembelajaran metode ilmiah aspek kehidupan beserta penilaiannya.