@phdthesis{UNY56235, month = {January}, author = {EYP Eska Yoga Prasetya}, title = {PELAKSANAAN PUBLIC RELATIONS DI DINAS PERTANIAN, PANGAN, KELAUTAN DAN PERIKANAN KABUPATEN BANTUL}, school = {Pendidikan Administrasi Perkantoran}, year = {2018}, keywords = {Pelaksanaan, Public Relation, Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan Dan Perikanan}, url = {http://eprints.uny.ac.id/56235/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan public relations di Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, dan (2) hambatan-hambatan dalam pelaksanaan public relations di Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Setting penelitian di Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul. Informan dalam penelitian ini sebanyak 3 pegawai Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul dan dua orang warga. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan public relations di Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Bantul dilakukan dengan cara (a) penjaringan informasi, public relations bertugas untuk menggali informasi dari warga baik tertulis maupun wawancara. (b) Melakukan analisis situasi dengan cara pemantauan langsung ke kecamatan dan desa yang akan dijadikan sasaran lokasi warga binaan. (c) mengkomunikasikan semua program dinas yang sudah berjalan dan belum berjalan kepada masyarakat dengan cara mengadakan dialog bersama, melakukan pendampingan kegiatan, menyediakan fasilitas kritik dan saran melalui web, email, dan kotak saran, serta membuat SIPADU. (d) Sosialisasi ke masyarakat dalam bentuk pengenalan program, membuat baliho-baliho dan pamphelt tentang program dari dinas, serta melakukan koordinasi dengan pamong yang ada di masyarakat. (2) Hambatan dalam pelaksanaan public relations yaitu kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap informasi tentang program yang dirumuskan oleh pihak public relation, public relation kurang dalam menjalin kerjasama antar mitra salah satu contohnya adalah kerjasama dengan media cetak dan elektronik.} }