TY - GEN AV - public TI - PERSEPSI TERHADAP KEPUASAN HIOUP PARA GURU SEKOLAH LANJUTAN PESERTA PELATIHAN KREATIVITAS ID - UNY5622 UR - http://eprints.uny.ac.id/5622/ Y1 - 1997/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap kepuasan hidupnya serta faktor-faktoryang mempengaruhi kepuasan hidup para guru SLTP dan SMU yang mengikuti pelatihan Kreativitas yang diadakan oleh Wahana Stud. Pengembangan Studi Kreativitas (WSPK), Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta. Populasi penelitian adalah para Guru dan Kepala Sekolah Lanjutan di Oaerah Istimewa Yogyakarta. Sampelnya adalah 53 orang guru baik Kepala Sekolah maupun Guru bidang studt yang menjadi peserta pelatihan Kreativitas yang diambil secara convenient. Pendekatan penelitian adalah survai dengan alat pengumpul data atau instrumen adalah angket. Angket terdiri atas 2 bagian, bagian pertama sejumlah pertanyaan tentang Identitas responden sedang bagian dua berupa instrumen untuk mengungkap kepuasan hidup yang dijabarkan kedalam aspek-aspek kepuasan terhadap pekeIjaan, kepuasan terhadap pemecahan masalah, kepuasan terhadap kondisi psikis dan kepuasan terhadap jaminan masa depan. Validitas item didasarkan pada vahditas isi, melalui pertimbanagn ahli (expertjudgement) dan seminar. Teknik analisis adalah deskriptif dan tabulasl silang. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa para Guru Sekolah Lanjutan peserta pelatihan Kreativitas yang diadakan oleh Wahana Studi dan Pengembangan Kreativitas memiliki persepsi yang tinggi terhadap kepuasan hidupnya. Bila dilihat dari aspek-aspek kepuasan hidup menunjukkan bahwa secara berturut-turut menunjukkan kepuasan pada aspek-aspek dari yang tertinggi adalah kepuasan pada kondisi psikis, kepuasan dalam memecahkan masalah, kepuasan dalam pekerjaan dan terakhir kepuasan dalam menghadapi masa depan. Di antara variabelvariabel yang diduga berpengaruh terhadap kepuasan hidup yaitu Umur, Jenis Kelamm dan Tingkat Pendidikan temyata hanya tingkat pendidikan yan~ cukup jelas hubungannya dengan persepsi terhadap kepuasan hidup. Artmya semakin tinggi tingkat pendidikan guru menunjukkan semakm tinggt kepuasan hidupnya. A1 - Siti Partini, Suardiman ER -