%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat guru mengenai aktualisasi pembelajaran metode ilmiah aspek kehidupan beserta penilaiannya pada kelas VII, VIII, dan IX dalam mata pelajaran IPA di SMP Negeri Kabupaten Gunungkidul berdasarkan pengalaman mengajar guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dan dilaksanakan pada bulan September 2016 hingga Desember 2016. Populasi penelitian adalah seluruh guru SMP di Kabupaten Gunungkidul. Sampel penelitian adalah 30 guru IPA sebagai subjek responden yang berasal dari 14 SMP Negeri di Kabupaten Gunungkidul yang ditentukan dengan sensus. Instrumen penelitian berupa angket yang disusun oleh Bambang Subali (2016), pengisian angket dan wawancara kepada guru, serta wawacara kepada peserta didik sebagai data pendukung. Analisis data menggunakan statistika deskriptif. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah aktualisasi pembelajaran metode ilmiah aspek kehidupan. Aktualisasi pembelajaran metode ilmiah aspek kehidupan dalam penelitian ini dikaitkan dengan salah satu variabel yaitu pengalaman mengajar guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru IPA di SMP Negeri Kabupaten Gunungkidul yang ditinjau berdasarkan pengalaman mengajar guru memiliki aktualisasi yang baik dalam mengajarkan pembelajaran metode ilmiah aspek kehidupan beserta penilainnya pada kelas VII, VIII, dan IX. Penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat keterkaitan antara pengalaman mengajar guru dengan pendapat guru mengenai aktualisasi pembelajaran metode ilmiah aspek kehidupan beserta penilaiannya pada kelas VII, VIII, dan IX dalam mata pelajaran IPA di SMP Negeri Kabupaten Gunungkidul. %A Pungki Akmalitasari %I Fakultas MIPA %T AKTUALISASI PEMBELAJARAN METODE ILMIAH ASPEK KEHIDUPAN BESERTA PENILAIANNYA DALAM MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI KABUPATEN GUNUNGKIDUL BERDASARKAN PENGALAMAN MENGAJAR GURU %D 2017 %K aktualisasi, pembelajaran metode ilmiah, pengalaman mengajar guru. %L UNY56208