%D 2017 %I Pendidikan Administrasi Perkantoran %T PENGARUH MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MEMPROSES PERJALANAN DINAS SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 2 BANTUL SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2016/2017 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Memproses Perjalanan Dinas siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul Semester Gasal Tahun Ajaran 2016/2017; (2) pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Memproses Perjalanan Dinas siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul Semester Gasal Tahun Ajaran 2016/2017; (3) pengaruh motivasi belajar dan minat belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran Memproses Perjalanan Dinas siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul Semester Gasal Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana untuk menjawab penelitian pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk menjawab pertanyaan penelitian ketiga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Memproses Perjalanan Dinas siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul Semester Gasal Tahun Ajaran 2016/2017 sebesar 22,4% dengan nilai signifikansi sebesar 0,007 < 0,05 dan Fhitung sebesar 8,388; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Memproses Perjalanan Dinas belajar siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul Semester Gasal Tahun Ajaran 2016/2017 sebesar 18,4% dengan nilai signifikansi sebesar 0,016 < 0,05 dan Fhitung sebesar 6,545; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran Memproses Perjalanan Dinas siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul Semester Gasal Tahun Ajaran 2016/2017 sebesar 31% dengan nilai signifikansi sebesar 0,006 < 0,05 dan Fhitung sebesar 6,279. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Minat Belajar, Prestasi Belajar %A TP Titin Purnamasari %L UNY56203