@phdthesis{UNY56187, title = {PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN METODE MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK TAMANSISWA SUKOHARJO}, author = {M Mayasari}, month = {October}, year = {2017}, school = {Pendidikan Administrasi Perkantoran}, abstract = {Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh: (1) motivasi belajar terhadap prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Tamansiswa Sukoharjo, (2) metode mengajar terhadap prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Tamansiswa Sukoharjo, dan (3) motivasi belajar dan metode mengajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Tamansiswa Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket dan dokumentasi. Angket penelitian telah diuji coba pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran 1 di SMK PGRI Sukoharjo dengan jumlah responden 31 siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Tamansiswa Sukoharjo dengan jumlah responden 86 siswa. Analisis data dilakukan dengan deskripsi data penelitian, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran kelas X Administrasi Perkantoran SMK Tamansiswa Sukoharjo dengan nilai r\_xly sebesar 0,609; ?r{\^{ }}2?\_xly sebesar 0,371; harga t\_hitung {\ensuremath{>}} t\_tabel yaitu 7,035 {\ensuremath{>}} 1,663 pada taraf signifikansi 0,05. Motivasi Belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran sebesar 37,1 \%. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan metode mengajar terhadap prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran kelas X Administrasi Perkantoran SMK Tamansiswa Sukoharjo dengan nilai r\_x2y sebesar 0,247; ?r{\^{ }}2?\_x2y sebesar 0,061; harga t\_hitung {\ensuremath{>}} t\_tabel yaitu 2,335 {\ensuremath{>}} 1,663 pada taraf signifikansi 0,05. Metode mengajar berpengaruh terhadap prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran sebesar 6,1 \%. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan metode mengajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran kelas X Administrasi Perkantoran SMK Tamansiswa Sukoharjo dengan nilai R\_(y(1,2)) sebesar 0,676; ?R{\^{ }}2?\_(y(1,2)) sebesar 0,457; harga F\_hitung {\ensuremath{>}} F\_tabel yaitu 34,946 {\ensuremath{>}} 3,11 pada taraf signifikansi 0,05. Motivasi Belajar dan metode mengajar secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran sebesar 45,7\%. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Metode Mengajar, Prestasi Belajar.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/56187/} }