%D 2017 %I Pendidikan Administrasi Perkantoran %T PENGARUH MINAT BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KEARSIPAN SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 BANTUL %L UNY56185 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Besarnya pengaruh Minat Belajar siswa terhadap Prestasi Belajar Kearsipan siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Bantul. 2) Besarnya pengaruh Disiplin Belajar siswa terhadap Prestasi Belajar Kearsipan siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Bantul. 3) Besarnya pengaruh Minat Belajar dan Disiplin Belajar siswa terhadap Prestasi Belajar Kearsipan siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2016/2017 sejumlah 65 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi dan angket. Uji coba instrumen dilakukan pada 30 siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signfikan: 1) Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar mata pelajaran Kearsipan siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Bantul, dengan rx1y = 0,830; r2x1y = 0,689; thitung (11,826) > ttabel = (1,998); 2) Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar mata pelajaran Kearsipan siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Bantul, dengan rx2y = 0,790; r2x2y = 0,624; thitung (10,226) > ttabel = (1,998); 3) Minat Belajar dan Disiplin Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar mata pelajaran Kearsipan siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Bantul, dengan Ry(1,2) = 0,869; R2y(1,2) = 0,756 ; nilai Fhitung (95,907) > Ftabel (4,76). Kata kunci: Minat Belajar, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar. %A ANH ANNISA NURUL HIDAYATULLOH