%A LW LUSI WAHYUNI %I Pendidikan Administrasi Perkantoran %T PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TYPING MASTER TERHADAP KETERAMPILAN MENGETIK SISTEM 10 JARI BUTA SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 4 KLATEN %D 2017 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan mengetik sistem 10 jari buta; (2) pengaruh penggunaan media pembelajaran Typing Master terhadap keterampilan mengetik sistem 10 jari buta; (3) pengaruh motivasi belajar dan penggunaan media pembelajaran Typing Master secara bersama-sama terhadap keterampilan mengetik sistem 10 jari buta siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten yang berjumlah 82 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan analisis deskriptif; uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinieritas; dan uji hipotesis yang terdiri dari uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap keterampilan mengetik sistem 10 jari buta sebesar 56,3% dengan rx1y = 0,751; r2x1y = 0,563; thitung (10,158) > ttabel (1,664) pada taraf signifikansi 5%; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan media pembelajaran Typing Master terhadap keterampilan mengetik sistem 10 jari buta sebesar 57,8% dengan rx2y = 0,760; r2x2y = 0,578; thitung (10,463) > ttabel (1,664) pada taraf signifikansi 5%; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan penggunaan media pembelajaran Typing Master secara bersama-sama terhadap keterampilan mengetik sistem 10 jari buta sebesar 59,9% dengan Ry(1,2) = 0,774; R2y(1,2) = 0,599; nilai Fhitung (59,031) > Ftabel (3,960) pada taraf signifikansi 5%; dan sumbangan efektif sebesar 59,9%. Kata kunci: Motivasi Belajar, Penggunaan Media Pembelajaran Typing Master, Keterampilan Mengetik Sistem 10 Jari Buta %L UNY56183