@phdthesis{UNY56181, school = {Pendidikan Administrasi Perkantoran}, author = {YRH Yenisa Rizki Hawa}, month = {November}, title = {PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN PEMANFAATAN FASILITAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN KLATEN TAHUN AJARAN 2016/2017}, year = {2017}, url = {http://eprints.uny.ac.id/56181/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kompetensi keahlian administrasi perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten tahun ajaran 2016/2017, 2) pemanfaatan fasilitas terhadap motivasi belajar siswa kompetensi keahlian administrasi perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten tahun ajaran 2016/2017, 3) lingkungan sekolah dan pemanfaatan fasilitas terhadap motivasi belajar siswa kompetensi keahlian administrasi perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto, dengan pendekatan kuantatif. Subyek penelitian ini yaitu 54 siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten tahun ajaran 2016/2017. Uji coba instrumen kepada 30 siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul, terdiri atas uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskripsi data penelitian, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan : (1) lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar sebesar 32,7\% dengan nilai Sig. sebesar 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05; (2) pemanfaatan fasilitas terhadap motivasi belajar sebesar 17,3\% dengan nilai Sig. sebesar 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05; (3) lingkungan sekolah dan pemanfaatan fasilitas terhadap motivasi belajar sebesar 39\% dengan nilai Sig. sebesar 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05. Kata kunci: lingkungan sekolah, pemanfaatan fasilitas, motivasi belajar siswa.} }