%T PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PPL UNY PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA %I Pendidikan Administrasi Perkantoran %D 2017 %L UNY56180 %A ANS Arin Nafi Syakdiyah %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar mahasiswa PPL UNY Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta sebanyak 96 orang. Metode pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas butir dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar mahasiswa PPL yang meliputi aspek-aspek yang diteliti yaitu: 1) keterampilan membuka pelajaran masuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 56,25% (54 responden); 2) keterampilan menutup pelajaran masuk dalam kategori kurang baik dengan persentase sebesar 51,04% (49 responden); 3) keterampilan menjelaskan masuk dalam kategori kurang baik dengan persentase sebesar 53,12% (51 responden); 4) keterampilan bertanya masuk dalam kategori kurang baik dengan persentase sebesar 52,08% (50 responden); 5) keterampilan memberikan penguatan masuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 51,04% (49 responden); 6) keterampilan mengadakan variasi masuk dalam kategori kurang baik dengan persentase sebesar 52,08% (50 responden); 7) keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil masuk dalam kategori kurang baik 50,00% (48 responden); 8) keterampilan mengelola kelas masuk dalam kategori kurang baik dengan presentase sebesar 54,17% (52 responden); 9) keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan masuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 53,12% (51 responden). Kata kunci: Persepsi, Keterampilan Mengajar